Minggu, 06 November 2011

Idul Adha Mendorong Rasa Ikhlas :)

Shalat Idul Adha

JAKARTA, (PRLM).- Komando Lintas laut Militer (Kolinlamil) melaksanakan salat Iduladha 1432 H bersama dengan anggota Kolinlamil dan ribuan masyarakat Tanjung Priok di dermaga Kolinlamil , Tanjung Priok Jakarta, Minggu (6/11).
Gema Takbir yang dikumandangkan mengawali salat Iduladha 1432 H yang dipimpin oleh KH. Drs. Muhammad Ato Jawari, M.A. berlangsung dalam suasana penuh hikmah.Usai salat Iduladha, dilanjutkan dengan penyampaian ceramah oleh KH. Drs. Muhammad Ato Jawari, MA. dengan mengambil hikmah makna kurban dan ibadah haji.
Ato Jawari mengatakan, di hari Iduladha, bagi umat Islam yang mampu dianjurkan untuk menyembelih binatang kurban. Ia juga mengatakan peringatan Iduladha dengan melakukan penyembelihan hewan kurban oleh umat Islam merupakan upaya merunut sejarah Nabi Ibrahim dan putranya Ismail dalam mentaati perintah dan ujian dari Allah.
Lebih lanjut dikatakan Iduladha yang juga disebut Idulkurban memiliki arti mendekatkan diri dan rasa keikhlasan menerima ujian dari Allah. Pada akhir ceramahnya KH. Drs. Muhammad Ato Jawari, MA. mengatakan bahwa kita sebagai umat muslim memaknai bahwa secara psikologis Ibadah kurban bagi kita umat muslim untuk mengorbankan ataupun menjauhkan nafsu bagi kita dan untuk memenuhi kewajiban rasa syukur kepada Allah.
Usai melaksanakan salat Iduladha, secara simbolis Irkolinlamil Kolonel Laut (P) Chairil Hapri, S.E. mewakili Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Pramono, S.H., M.Hum. menyerahkan hewan kurban kepada ketua panitia kurban Letkol Laut (KH) Maman Sulaeman di Kolinlamil. Dan untuk selanjutnya dilaksanakan penyembelihan. hewan kurban untuk dibagikan kepada masyarakat kaum dhuafa yang tinggal di Tanjung Priok dan sekitarnya.
Dalam pelaksanaan kurban, panitia rmenerima hewan kurban sejumlah 6 ekor sapi dan 22 kambing yang selanjutnya dilaksanakan penyembelehan di Dermaga Kolinlamil ,Tanjung Priok Jakarta. Dalam sholat idul adha 1432 H di Kolinlamil dihadiri Irkolinlamil, para Asisten Pangkolinlamil, Para Kadis Kolinlamil.(Mun/A-147)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar